Program Studi
Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Lokasi:Gedung FIK UNIMED, Jl.Willem Iskandar Pasar V Medan

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Medan

Profil

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga merupakan salah satu program studi terakreditasi A dengan mahasiswa yang cukup banyak di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.

Bertempat di Kampus Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan, selain memiliki fasilitas belajar yang memadai, program studi ini juga memiliki berbagai laboratorium dan lapangan praktek untuk mendukung berbagai aktivitas tridarma meliputi: proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.


 
Profil Lulusan

Lulusan program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) FIK UNIMED dapat menjadi Akademisi (guru), Peneliti, Jurnalis, Aktivis dan Perekayasa Pembangunan Sosial Budaya. Lulusan prodi PKO FIK UNIMED mampu memecahkan masalah sosial budaya pada lingkup bidang ilmu Pendidikan Kepelatihan Olahraga melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Selain itu lulusan Prodi PKO FIK UNIMED mampu mengelola riset dibidang sosial budaya dan pengembangan masyarakat dan mengabdikannya secara bermanfaat bagi kemaslahaan pendidikan dan pembangunan bangsa yang mendapat pengakuan secara Nasional dan Internasional.


 
Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Program studi unggul dalam Ilmu Kepelatihan dan Pendidikan Jasmani serta Manajemen Olahraga Profesional tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan berbagai pelatihan/workshop, pengajaran dan penelitian serta melatih fisik dalam berbagai cabang olahraga 
  3. Mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai disiplin ilmu untuk menopang keterampilan pelatih, guru pendidikan jasmani dan kesehatan olahraga.
  4. Menyelenggarakan berbagai pelatihan olahraga yan gsesuai dengan pengelompokan prodi PKO yang diminati mahasiswa.
  5. Menyelenggarakan hubungan kerjasama (kolaborasi) dengan Instansi dan Organisasi olahraga
  6. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan melatih, mengajar dan manajemen pengelola kegiatan olahraga yang profesional dan berkarakter.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh Stakeholder.
  2. Menghasilkan pelatih guru pendidikan jasmani dan manajer olahraga yang memiliki sikap inovatif, kreatif dan professional yang berkarakter.
  3. Menyiapkan pengelola kegiatan dan sarana olahraga profesional di top organisasi instansi perusahaan karyawisata club, dan sanggar kebugaran
  4. Dihasilkan pelatih yang handal minimal 7 (tujuh) cabang olahraga yang bersertifikasi
  5. Mengembangkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan mata kuliah yang dipelajari
  6. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan manajemen olahraga